-->

6 Manfaat Adanya Ujian Dalam Kehidupan Manusia


Setiap muslim harus menyadari bahwa ujian dari Allah itu tidak selalu dalam bentuk hal-hal yang menyenangkan bila kita tinjau dari sisi duniawi, karena menyenangkan dan tidka menyenangkan keduanya merupakan ujian dari Allah swt. Karena itu, bagi oran orang yang betul betuk beriman, hal-hal yang menyenangkan tidak membuat dirinya lupa diri dan hal-hal yang tidak menyenangkan tidak membuat dirinya putus asa.
            Didalam Al-Quran maupun hadits-hadist, disebutkan tidak kurang dari enam manfaat /makna dari ujian itu. 
  1. Ujian itu bermanfaat bagi usaha meniggikan derajat orang-orang yang teruji, ini berlaku dalam ujian apa pun, misalnya seorang pelajar yang ingin lebih tinggi kelasnya, maka dia harus menempuh ujian. Setelah ujian gurunya bisa menentukan apakah anak itu bisa naik kelas atau tidak. Seorang mahasiswa yang meraih gelar sajarna tentu saja harus diuji terlebih dahulu. Setelah diuji, para dosen baru menentukan apakah ia lanyak menyandang gelar sarjana.  
  2. Manfaat yang kedua yaitu sebagai penebus dosa-dosanya. Hal ini apabila dia sadar dalam menghadapi berbagai penderitaan dan dapat mengambil hikmah dibali itu semua, misalnya dengan sakit, seseorang menjadi semakin sadar bahwa betapa pentingnya sehat itu sehingga ketika dia sehat dimanfaatkan kesehatnya itu untuk meningkatkan pengabdian kepada Allah. Begitu juga dengan kemiskinan yang membuat orang semestinya bisa mengambil hikmah betapa pentingnya kaya sehingga saat kaya dia meningkatkan pengabdianya kepada Allah. Begitulah seterusnya.
  3. Manfaat yang ketiga yaitu dari adanya ujian dari Allah berikan adalah sebagai pembersih bagi jiwa manusia sehingga tidak ada lagi sifat-sifat tercela yang dimilikinya karena bila dia lulus dalam ujian sudah jelas bagi Allah dan orang-orang yang beriman bahwa orang itu memang orang yang betul betul beriman. Begitulah memang yang difirmankan Allah dalam surah al-Ankabuut ayat 3.
  4. Manfaat yang ke empat adanya ujian adalah menjadi yakin akan adanya pertolongan Allah swt. Kepada dirinya. Hal ini karena setiap orang yang menghadapi kesusahan dan kesulitan dalam menghadapi musuh-musuhnya akan membuat dirinya mendapat pertolongan dari Allah swt, apalagi pertolongan Allah itu memang harus kita yakini sebagai suatu yang sangat dekat.
  5. Manfaat yang kelima dari adanya ujian adalah dihilangkannya barisan orang-orang munafik dari barisan kaum muslimin. Hal ini karena pada barisan perjuangan kaum muslimin sering kali terdapat orang-orang munafik yang sulit membedakannya, tapi sering kali melemahkan barisan kaum muslimin. Maka dari ujian inilah menjadi jelas mana pejuang yang benar dan mana pejuang yang palsu. Begitulah Allah ceritakan dalam Al-Qur’an tentang pasukan Talut dan Jalut yang pertarungan itu dimenangkan oleh pasukan Talut, meskipun jumlanya sedikit setelah dibersihkan oleh Allah dari keikutsertaan orang-orang munafik dengan ujian.
  6. Manfaat yang keenam adanya ujian adalah menyadarikan manusia itu sendiri akan hakikat hidup yang penuh dengan tantangan. Karena itu, ujian harus dihadapi dengan kesungguhan menjalankan ajaran Islam. Kenikmatan duniawi boleh saja dicapai oleh manusia, tapi hal itu tidak boleh membuat dirinya lupa diri dari mengingat Allah swt.
Dengan demikian menjadi jelas bagi kita bahwa ujian dari Allah itu suatu kepastian bagi orang-orang yang beriman, baik ujian dalam bentuk hal-hal yang menyenangnkan mapun ujian yang tidak menyenangkan. Dan, bila sudah lulus menghadapi ujian itu, tentu saja surga sudah menanti.
Informasi Lowongan Ini di Posting Oleh Tim Sumutjob.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel